Building Rapport

Building Rapport adalah ………

Sebuah kata yang saya ketik di Google untuk menemukan pengertian baru dalam mempraktekkan pengetahuan NLP. Dan saya mendapatkan beberapa definisi yang disampaikan penulis di masing-masing web memiliki inti yang sama dengan bahasa penyampaian yang berbeda-beda.

Salah satu artikel yang ditulis oleh master trainer nlp terlihat sangat teknis ketika dibaca, yang menurut saya hanya akan dipahami oleh  praktisi NLP saja. Sebab di situ tertulis istilah teknis dan penjabaran yang sedikit. Saya jadi berpikir apakah mungkin tujuan menulis sedikit penjelasan agar pembaca yang masuk ke artikel tersebut melanjutkan di sesi pelatihan dari sang Master Trainer NLP- ini praduga pertama saya.

Praduga kedua saya, memang dibutuhkan keterampilan menulis untuk mentransfer pengetahuan building rapport NLP menjadi artikel yang enak dibaca secara santai, ringan, memikat dan penuh humor. Dan saat ini saya sedang melatih diri untuk mentransfer pengetahuan NLP khususnya Building Rapport menjadi tulisan yang menginspirasi.

Tanpa mendikte pembaca dengan pengertian Building Rapport Yaitu : bla…bla…bla…
Rapport  : Proses Connection Building sehingga terjalin komunikasi yang lancar bebas hambatan antara pihak-pihak yang berinteraksi. Atau seperti yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya : Rapport dapat diartikan proses membangun keterhubungan antara dua pihak sehingga proses komunikasi nyambung, klik, tanpa hambatan.

Sampai saya menemukan sebuah tulisan yang masih ada hubungannya dengan Rapport sebagai berikut :
Rapport adalah suatu hubungan (relationship) yang ditandai dengan keharmonisan, kesesuaian, kecocokan, dan saling tarik menarik. Rapport dimulai dengan persetujuan, kesejajaran, kesukaan, dan persamaan. Jika sudah terjadi persetujuan dan rasa persamaan, timbullah kesukaan terhadap satu sama lain.

Rapport adalah membangun keakraban dengan membangun kesamaan;

Rapport adalah kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain sebagai salah satu cara untuk menghasilkan kepercayaan dan pengertian;

Rapport adalah kemampuan untuk melihat dari sudut pandang orang lain (tidak penting apakah Anda setuju atau tidak) sehingga Anda berpikir dengan cara yang sama dan akan menghargai perasaan satu sama lain.

Rapport adalah membangun kepercayaan, harmonisasi dan kerjasama di dalam suatu hubungan.

Semoga dengan tulisan sederhana yang saya olah ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang sedang mencari pengertian Building Rapport ; Rappport ; Pilar NLP sehingga menambah wawasan-pengetahuan tentang membina hubungan, berinteraksi dengan orang lain yang mungkin saja beda pendidikan, latar belakang kehidupan, lingkungan, pendapatan, persepsi, jenis kelamin, sampai beda keyakinan sekalipun. Misalnya berinteraksi dengan seseorang yang ngugemi ajaran Syeich Siti Jenar, Thoriqoh Akmaliyah, ilmu kejawen, atau instruktur hipnotis-hipnoterapi, dan Master Trainer NLP.

Sementara saya belajar mempraktekkan Building Rapport seperti yang saya pelajari dan ajarkan di Workshop NLP, ternyata ketika belajar kemudian mengajarkan proses hipnosis, building rapport sangat berperan penting untuk menembus Critical Factor Klien.

Saya belum sepenuhnya menjelaskan bagaimana “Building Rapport” yang sukses di artikel ini. Menjelaskan Bulding Rapport di kelas sertifikasi NLP lebih mudah karena langsung praktek, beda di artikel yang harus diterjemahkan dari praktek di kelas NLP dan kelas praktek Building Rapport dalam kehidupan sehari-hari.

Building Rapport dapat menjadi solusi permasalahan komunikasi yang buntu antara orang tua dan anak, mertua dan menantu, cucu dan kakek, tetangga dan tetangga juah, masyarakat golongan A dengan masrakat golongan B C D E sampai kelompok Z.

Sampai bertemu di artikel NLP yang lebih lengkap di Posting selanjutnya sebagai Lanjutan Pemaparan “BUILDING RAPPORT” berdasarkan definisi NLP. Karena Rapport juga dibahas di sesi hipnosis, coaching, atau gabungan dari semuanya.

Salam Keajaiban Hidup
ILYAS AFSOH
Master Trainer Neo NLP Society
Presiden Komunitas Trainer Nusantara

Untuk Mendaftar di Pelatihan-Sertifikasi-Training-Workshop-Seminar NLP
Daftar sekarang di Manajemen IA Institute
CP 0896 1065 9643 [TRI]
0821 41502649 [Telkomsel]
024 700 450 78 [Flexy]
Office IA Institute : Jl Sinar bukit Asri 141 Tembalang Semarang Jawa Tengah

Iklan

Tentang ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
Pos ini dipublikasikan di NLP dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

KOMENTAR

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s